CARA MEMBUAT SISTEM KOMPUTER YANG BENAR

Posted by si'Akang Wawan on 03.25 with No comments
Pada kesemapatan kali ini kita akan membahas bagaimana “CARA MEMBUAT SISTEM KOMPUTER YANG BENAR”. Nah sebelumnya alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu sistem. Sistem merupakan suatu kesatuan yang saling terintegrasi (menyatu) dan menghasilkan suatu tujuan yang sama. Suatu sistem yang baik tentu dilandasi dengan cara kerja yang baik pula. Berikut ini cara membuat sistem yang benar yang akan kita ulas bersama-sama.

1. Sebelum membuat sistem, anda harus menganalisa data.
Data merupakan suatu informasi yang belum jadi, data bisa didapat dari calon user, semisalnya anda ingin membuat suatu sistem koperasi, maka anda harus meminta data kepada anggota koperasi, kemudian data tersebut anda analisa, kira-kira berapa user yang terlibat dalam pengaksesan sistem komputer tersebut.

2. Setelah dilakukan analisa, maka anda lakukan design.
Setelah data yang anda terima telah selesai di analisa, maka anda harus membuat designnya, nah design ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu design tampilan system, dan design database. usahakan design tampilan system, sesuai dengan kebutuhan user, dan ketika mendesign tampilan sistem alangkah baiknya, nanti sistem tersebut tampilannya user friendly atau tidak menyulitkan pengguna sistem itu sendiri.

3. Setelah didesign, maka selanjutnya anda lakukan tahapan implementasi
Implementasi di dalam pembuatan sistem berarti anda melakukan tahapan coding / perintah program. Nah pada bagian ini anda tentukan anda ingin membuat sistem apa dan akan dijalankan di perangkat apa?. Semisal anda ingin membuat program game untuk HP Android, maka alangkah baiknya anda membuatnya dengan perintah program Android itu sendiri, jangan gunakan program Visual Basic, karena tidak sesuai jalurnya.

4. Setelah melakukan implementasi, maka lakukan tahapan testing / uji coba.
Tahapan testing ini sangat bermanfaat, karena pada tahapan testing ini biasanya para pembuat sistem mengetahui dan menemukan yang namanya bug  atau kelemahan pada program, sehingga ketika diimplementasikan program tersebut minim dari yang namanya bug.

5. Tahapan terakhir yang perlu anda perhatikan adalah tahapan Maintenance.
Setelah anda lakukan tahapan uji coba, maka selanjutnya anda lakukan tahapan maintenance / perawatan, tahapan maintenance merupakan tahapan untuk memperbaiki sistem yang mengalami bug. tahapan maintenance adalah tahapan yang tidak mengenal batas waktu, karena bisa saja suatu saat nanti sistem tersebut mengalami crash.

Nah, setelah tahapan tersebut telah dipenuhi, maka anda sudah dapat menjual sistem yang anda buat. tetapi yang perlu anda ingat, anda harus tetap melakukan maintenance terhadap sistem yang anda buat. Semoga dengan info yang saya berikan, dapat bermanfaat untuk anda semua.
Categories: